4 Pertimbangan Sebelum Memberi Anak Ponsel

Thursday, August 09, 2012
Usia berapakah yang tepat bagi seorang anak untuk menggunakan ponsel? Pertanyaan tersebut sering mengganggu setiap orang tua, mengingat saat ini ponsel sudah sedemikian popular di berbagai usia.
Ada beberapa faktor yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum orang tua memberikan ponsel ke anak-anak mereka.  Apa saja itu?
1. Kebijakan sekolah
Cari tahu bagaimana peraturan di sekolah anak Anda, apakah membolehkan siswa menggunakan ponsel saat beristirahat.  Setiap sekolah punya kebijakan sendiri-sendiri. Jika memang tidak diizinkan sama sekali memakai ponsel di sekolah, tentu ada alasannya.

2. Keinginan VS kebutuhan
Apakah anak Anda betul membutuhkan ponsel atau hanya ingin memiliki karena teman-temannya juga memakainya? Untuk melihat seberapa perlunya, bisa ditinjau apakah anak Anda sering berjauhan dengan Anda, atau Anda ada di sampingnya setiap saat. Jika berjauhan, mungkin memang ia memerlukan ponsel untuk berkomunikasi. Misalnya saja anak Anda sibuk dengan berbagai kegiatan ekstrakulikuler, dan Anda sering bepergian jauh. Namun jika Anda ada bersamanya sepanjang waktu, untuk apa guna ponsel baginya?

3. Tetap memantau
Jika memang anak sudah menggunakan ponselnya sendiri, bukan berarti orang tua memberi kebebasan. Ponsel membuat anak bisa bersosialisasi dengan teman-temannya, namun orang tua juga bisa menggunakannya untuk melacak keberadaan mereka dengan GPS. Ponsel pintar kini hadir dengan aplikasi GadgetTrak yang memungkinkan kita melacak keberadaan anak.

4. Utamakan keselamatan
Ponsel terhubung dengan internet sudah hal biasa. Maka ancaman bagi anak-anak yang menggunakan ponsel pun sama besarnya bagi anak-anak pengguna internet. Yang tak kalah penting adalah isu sexting, yakni predator yang mengintai anak-anak dan remaja melalui pesan teks tidak senonoh ke ponsel. Maka saat orang tua memberikan ponsel ke anak, saat itulah sudah harus mulai dilakukan diskusi mengenai ancaman yang mungkin muncul saat anak menggunakan ponsel.
Kesimpulannya, tidak ada jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan kapan sebaiknya anak mulai diberi ponsel. Yang jelas, tanggungjawab menjadi hal yang sangat utama. Untuk menentukan jenis ponsel, pertimbangkan juga masalah usia. Anak SD misalnya, tentu belum layak diberi iPhone. Barangkali bisa dipertimbangkan mengaakan diskusi keluarga sebelum memutuskan apakah anak Anda memang dianggap sudah siap menggunakan ponse.

No comments:

@Denis_AT. Powered by Blogger.