RoboMind, Game untuk Programmer Pemula

Monday, February 20, 2012
Hallo Semua Sobat , kali ini Blog's Informatika Cyber  akan memposting  RoboMind, Game untuk Programmer Pemula,
oke tanpa basa basi lagi liat tutorialnya di bawah :



Bagi Anda seorang programmer pemula, ada sebuah game yang menarik buat Anda. Game yang menggabungkan konsep pemrograman dengan Robot. Mungkin game ini cocok pula bagi para programmer yang dulunya bercita-cita ingin membuat robot, namun tidak kesampaian laughing . Game ini bernama RoboMind.

Robomind adalah sebuah game opensource tentang bagaimana mengendalikan pergerakan sebuah robot melalui perintah-perintah menggunakan bahasa pemrograman. Game yang dibuat oleh Arvid Halma dari Universitas Amsterdam ini dapat didownload di sini

Mengapa game ini cocok bagi mereka yang baru belajar pemrograman? Ya… di dalam game ini, kita bisa mengatur sendiri langkah-per langkah kita untuk mengatur gerakan robot, dalam hal ini melatih kemampuan kita dalam penguasaan algoritma dan logika. Selain itu dalam RoboMind ini terdapat pula beberapa struktur pemrograman seperti halnya bahasa pemrograman pada umumnya, seperti bentuk IF, LOOPING, dan PROCEDURE.

Di dalam RoboMind, kita bisa menggerakkan robot untuk bergerak maju, mundur, belok kanan, kiri, mewarnai jalan yang dilalui, mencari sebuah obyek, mengambil sebuah obyek, dan meletakkan obyek melalui perintah-perintah berbentuk function.

Berikut ini beberapa perintah dasar untuk mengatur gerakan si robot.

  • forward(n), digunakan untuk menggerakan maju si robot n langkah
  • backward(n), digunakan untuk menggerakan ke belakang si robot n langkah
  • left(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kiri 90 derajad
  • right(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kanan 90 derajad
  • north(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke utara, lalu bergerak maju n langkah
  • south(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke selatan, lalu bergerak maju n langkah
  • west(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke barat, lalu bergerak maju n langkah
  • east(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke timur, lalu bergerak maju n langkah


Robot juga bisa disuruh mewarnai path yang dilalui, dengan perintah berikut ini
  • paintWhite(), menyuruh robot mewarnai dengan warna putih pada path
  • paintBlack(), menyuruh robot mewarnai dengan warna hitam pada path
  • stopPainting(), menyuruh robot berhenti mewarnai


Selain mewarnai path yang dilalui, si robot juga bisa disuruh mengambil obyek dan meletakkannya kembali. Berikut ini beberapa perintah untuk melakukan hal tersebut:
  • pickUp(), mengambil obyek yang ada di depannya
  • putDown(), meletakkan obyek di depannya


Sedangkan untuk struktur pemrograman untuk bentuk IF, berikut ini sintaksnya:

1.if (syarat)
2.{
3.instruksi
4.}

atau

1.if (syarat)
2.{
3.instruksi
4.}
5.else {
6.instruksi
7.}

Bagaimana dengan bentuk loopingnya? Ada beberapa bentuk looping dalam RoboMind ini, ini dia macam-macam bentuk looping

1.repeat(n)
2.{
3.instruksi
4.}

Bentuk looping di atas digunakan untuk mengulangi instruksi sampai dengan n kali (mirip dengan struktur FOR i:=1 TO n DO dalam Pascal).

Ada pula bentuk looping seperti di bawah ini

1.repeatWhile(syarat)
2.{
3.instruksi
4.}

Struktur looping di atas mirip dengan struktur WHILE (syarat) DO dalam Pascal.

Di bawah ini contoh sebuah program untuk menyuruh robot mengikuti jalan berwarna putih.

01.# belok ke kanan
02.right()
03.
04.# maju 8 langkah
05.forward(8)
06.
07.# looping
08.repeat()
09.{
10.# cek apakah ada jalan berwarna putih di depannya
11.if(frontIsWhite()){
12.# jika ada, maka maju satu langkah
13.forward(1)
14.}
15.# cek apakah ada jalan berwarna putih di sebelah kanannya
16.else if(rightIsWhite()){
17.# jika ada, belok kanan
18.right()
19.}
20.# cek apakah ada jalan berwarna putih di sebelah kirinya
21.else if(leftIsWhite()){
22.# jika ada, belok kiri
23.left()
24.}
25.# cek apakah di depan robot ada halangan
26.else if(frontIsObstacle()){
27.# jika ada, robot berhenti (stop)
28.end
29.}
30.}


OK… selamat belajar pemrograman sambil bermain robot lol!

No comments:

@Denis_AT. Powered by Blogger.